ANALISIS
JURNAL :
Nama
: Mega esa maylesenia
NPM : 14210308
Kelas : 3EA10
Mata
Kuliah
: Metode Riset
Tema : KESEHATAN
Judul
:
ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PASIEN TERHADAP KEPUASAN
PASIEN TENTANG PELAYANAN KEPERAWATAN
DI RUMAH SAKIT ROMANI
SEMARANG.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan seseorang
setelah membandingkan kinerja atau
hasil yang dirasakan dengan harapan yang dimilikinya.
Hal ini berarti kepuasan pasien diperoleh setelah pasien menerima pelayanan
kesehatan dari rumah sakit tempat mereka dirawat dan dibandingkan dengan pelayanan
kesehatan yang mereka harapkan. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor
internal yaitu karakteristik individual pasien dan faktor ekternal yaitu
pelayanan kesehatan yang berasal dari rumah sakit termasuk pelayanan
keperawatan. Penelitian ini menjelaskan pelayanan keperawatan yang dimaksud adalah
pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata kepuasan pasien setelah dilakukan pemberian pendidikan
kesehatan persiapan pasien pulang tentang nutrisi sebesar 94,77%, sedangkan
yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 69,04% dengan nilai p =
0,0001. Dengan demikian pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang
tentang nutrisi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa rata-rata kepuasan pasien setelah dilakukan pendidikan kesehatan
persiapan pasien pulang tentang aktivitas sebesar 93,09%, dan pada kelompok
yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 66,41% dengan nilai p =
0,0001.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian pendidikan kesehatan
persiapan pasien pulang terhadap kepuasan pasien tentang dalam pelayanan
keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata
kepuasan pasien setelah dilakukan pendidikan kesehatan
persiapan pasien pulang tentang obat-obatan sebesar 93,43% dan pada kelompok
yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 73,45% dengan nilai p =
0,0001. Hal ini berarti terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan
persiapan pasien pulang terhadap kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan.
Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan
persiapan pasien pulang tentang nutrisi lebih tinggi secara bermakna daripada
kepuasan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program ini diharapkan
pasien dan keluarga memiliki persepsi yang baik. Kepuasan pasien terhadap
pelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang
tentang aktivitas lebih tinggi secara
bermakna daripada kepuasan pasien yang tidak diberikan
pendidikan kesehatan, dimana program ini tidak diharapkan dan pasien memiliki
persepsi yang tidak baik Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yaitu
pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang obat-obatan lebih tinggi
secara bermakna daripada kepuasan pasien
yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program ini diharapkan pasien
dan pasien memiliki persepsi yang baik. Kata kunci: pendidikan kesehatan, persiapan pasien pulang,
kepuasan pasien
1.2 Perumusan
dan Batasan Masalah
1. Rumusan
Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan masalah yaitu
:
Bagaimana Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan
?
2. Batasan
Masalah Dalam penelitian ini, penulis hanya membatasi masalah penulisannya pada
metode mengenai studi kelayakan dengan menggunakan salah satu
aspek dari tujuh dimensi pelayanan keperawatan yang dapat mempengaruhi kualitas
pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien adalah pemberian informasi yang
jelas, komunikasi efektif dan pendidikan kesehatan yang diperlukan oleh pasien
( Potter dan Perry, 2005).
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah untuk
mengetahui layaknya kepuasan
pasien yang berhubungan dengan pelayanan keperawatan adalah penjelasan perawat
terhadap tindakan yang akan dilakukan, pemberian dan penjelasan obat, respon
perawat terhadap keluhan pasien serta sikap dan keterampilan perawat. Asumsi
peneliti bahwa komunikasi dan pemberian pendidikan kesehatan oleh perawat
kepada pasien merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam memenuhi
kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat untuk
penulis dan perawat yaitu agar dapat mengetahui kesehatan pasien tentang obat-obatan, pasien tentang nutrisi
lebih tinggi.
1.5 METODOLOGI PENELITIAN
1. Objek Penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah “Rumah Sakit Roemani Semarang”.
2. Data atau Variabel
Dalam menyusun penelitian ilmiah ini, penulis mendapatkan data dan informasi
dengan menggunakan data primer maupun data sekunder.
- Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek atau lokasi penelitian.
- Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari :
Ø laporan keuangan Rumah Sakit Roemani Semarang.
Ø Laporan keluar masuk pasien Rumah Sakit
Roemani Semarang.
3. Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian lmiah ini, penulis mengumpulkan dan mengolah data-data yang
diperoleh dengan metode :
Studi lapangan dimana penulis langsung mengadakan
penelitian dan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk mengolah data
tersebut dengan wawancara atau observasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar