Sabtu, 03 November 2012

BAB 1 PENDAHULUAN




ANALISIS JURNAL :
              Nama                        : Mega esa maylesenia
              NPM                         : 14210308
              Kelas                         : 3EA10
              Mata Kuliah               : Metode Riset
              Tema                          : KESEHATAN
              Judul                          
      
 ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PASIEN TERHADAP KEPUASAN
 PASIEN TENTANG PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT ROMANI 
SEMARANG.



BAB I
PENDAHULUAN




1.1 Latar belakang

Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau
hasil yang dirasakan dengan harapan yang dimilikinya. Hal ini berarti kepuasan pasien diperoleh setelah pasien menerima pelayanan kesehatan dari rumah sakit tempat mereka dirawat dan dibandingkan dengan pelayanan kesehatan yang mereka harapkan. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor internal yaitu karakteristik individual pasien dan faktor ekternal yaitu pelayanan kesehatan yang berasal dari rumah sakit termasuk pelayanan keperawatan. Penelitian ini menjelaskan pelayanan keperawatan yang dimaksud adalah pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kepuasan pasien setelah dilakukan pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang nutrisi sebesar 94,77%, sedangkan yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 69,04% dengan nilai p = 0,0001. Dengan demikian pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang nutrisi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kepuasan pasien setelah dilakukan pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang aktivitas sebesar 93,09%, dan pada kelompok yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 66,41% dengan nilai p = 0,0001.Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadap kepuasan pasien tentang dalam pelayanan keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata
kepuasan pasien setelah dilakukan pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang obat-obatan sebesar 93,43% dan pada kelompok yang tidak diberikan pendidikan kesehatan sebesar 73,45% dengan nilai p = 0,0001. Hal ini berarti terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang terhadap kepuasan pasien tentang pelayanan keperawatan. Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang nutrisi lebih tinggi secara bermakna daripada kepuasan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program ini diharapkan pasien dan keluarga memiliki persepsi yang baik. Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang aktivitas lebih tinggi secara
bermakna daripada kepuasan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program ini tidak diharapkan dan pasien memiliki persepsi yang tidak baik Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan yaitu pendidikan kesehatan persiapan pasien pulang tentang obat-obatan lebih tinggi secara  bermakna daripada kepuasan pasien yang tidak diberikan pendidikan kesehatan, dimana program ini diharapkan pasien dan pasien memiliki persepsi yang baik. Kata kunci: pendidikan kesehatan, persiapan pasien pulang, kepuasan pasien


1.2 Perumusan dan Batasan Masalah
1. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan masalah yaitu :
Bagaimana Kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan ?
2. Batasan Masalah Dalam penelitian ini, penulis hanya membatasi masalah penulisannya pada metode mengenai studi kelayakan dengan menggunakan salah satu aspek dari tujuh dimensi pelayanan keperawatan yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien adalah pemberian informasi yang jelas, komunikasi efektif dan pendidikan kesehatan yang diperlukan oleh pasien ( Potter dan Perry, 2005).

1.3 Tujuan Penelitian
            Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui layaknya kepuasan pasien yang berhubungan dengan pelayanan keperawatan adalah penjelasan perawat terhadap tindakan yang akan dilakukan, pemberian dan penjelasan obat, respon perawat terhadap keluhan pasien serta sikap dan keterampilan perawat. Asumsi peneliti bahwa komunikasi dan pemberian pendidikan kesehatan oleh perawat kepada pasien merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam memenuhi kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.

1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat untuk penulis dan perawat yaitu agar dapat mengetahui kesehatan  pasien  tentang obat-obatan, pasien tentang nutrisi lebih tinggi.







1.5 METODOLOGI PENELITIAN

1. Objek Penelitian
            Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah “Rumah Sakit Roemani Semarang”.
2. Data atau Variabel
            Dalam menyusun penelitian ilmiah ini, penulis mendapatkan data dan informasi dengan menggunakan data primer maupun data sekunder.
  1. Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari objek atau lokasi penelitian.
  2. Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari :
Ø  laporan keuangan  Rumah Sakit Roemani Semarang.
Ø  Laporan keluar masuk pasien Rumah Sakit Roemani Semarang.
3. Metode Pengumpulan Data
            Dalam penelitian lmiah ini, penulis mengumpulkan dan mengolah data-data yang diperoleh dengan metode :
Studi lapangan dimana penulis langsung mengadakan penelitian dan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk mengolah data tersebut dengan wawancara atau observasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar